Bagian-bagian magnet

Bagian-bagian magnet:

a. Kutub Magnet
· Kutub magnet yaitu bagian ujung magnet yang memiliki gaya megnet paling kuat.
· Magnet memiliki 2 kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan.
· Kutub utara : kutub magnet yang menghadap ke utara ketika magnet dapat bergerak bebas.
· Kutub selatan : kutub magnet yang menghadap ke selatan ketika magnet dapat bergerak bebas.

b. Sumbu Magnet
· Sumbu magnet yaitu garis yang menghubungkan kedua kutub magnet.

c. Magnet Elementer
Setiap benda magnetik pada dasarnya terdiri dari magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer. Magnet elementer adalah magnet yang paling kecil yang berupa atom. Suatu benda akan bersifat magnet jika magnet-magnet elementernya mempunyai arah yang cenderung sama/ beraturan dan benda yang tidak mempunyai sifat magnet jika magnet-magnet elementernya mempunyai arah acak (sembarang). 

Pada sebuah magnet, magnet-magnet elementernya tersusun rapi dan menunjuk arah yang sama, sehingga menimbulkan kutub-kutub magnet. Antar magnet elementer tersebut terdapat gaya tolak-menolak dan gaya tarik-menarik. Akan tetapi, di bagian ujung magnet hanya terdapat gaya tolak-menolak. Itulah sebabnya pada ujung-ujung magnet terdapat gaya magnet paling kuat sedangkan bagian tengahnya lemah.

Pada benda bukan magnet, magnet-magnet elementernya tersusun dengan arah yang berlainan atau arah yang acak sehingga tidak menimbulkan kutub magnet. Karena arahnya acak, gaya tarik-menarik dan tolak-menolak antar magnet elementer saling meniadakan. Itulah sebabnya pada besi bukan magnet tidak terdapat gaya magnet (sifat magnet).

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts